Tips Untuk Mengatasi Orang-Orang Negatif Dengan Tepat
Satu masalah dalam berurusan dengan orang-orang yang pada dasarnya negatif yaitu bahwa mereka kelihatannya lebih senang membuat orang lain tidak nyaman. Mereka senang membuat perbedaan pendapat seolah-olah itu bukti ketidak mampuan atau bukti kebodohan anda. Inilah sebabnya mengapa harus memiliki cara untuk menghadapi orang-orang negatif yang bisa membantu melindungi kesehatan anda, membuat anda bahagia, dan membuat anda tetap fokus untuk menjadi seseorang yang terbaik dari diri anda.
Keterampilan seperti itu dan penerapannya yang teratur bisa menjadi perbedaan antara menjalani kehidupan sehari-hari anda dengan rasa kepuasan dan pencapaian atau hidup dengan rasa tidak mampu maupun stres berat. Tips pertama untuk berurusan dengan orang-orang seperti itu adalah belajar menyatakan posisi atau sudut pandang anda sendiri tanpa berdebat. Orang-orang negatif melihat argumen sebagai tantangan terhadap wibawa mereka dan akan dengan cepat menyerang dalam kemarahan yang meledak-ledak. Hal ini terutama terjadi, ketika orang tersebut memiliki kekuasaan atau otoritas.
Jangan melawan api dengan api, jangan terlibat dalam pertandingan dengan berteriak. Satu keterampilan yang perlu anda kembangkan untuk menjadi pengelola konflik yang lebih baik adalah keterampilan mendengarkan. Anda harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan diri sendiri dan orang lain. Ajukan pertanyaan yang menunjukkan bahwa anda telah mendengarkan. Ini akan membantu melihat bagian terpenting dari situasi sambil mengabaikan komentar aneh.
Setelah melakukan ini, anda kemudian bisa membuat keputusan tentang bagaimana anda akan menghadapi situasi tersebut. Anda bisa melakukan ini dengan menjauh dari situasi atau dengan membuat keputusan strategis untuk tetap tinggal dan mengubah taktik. Anda bisa memulai prosesnya dengan mempertahankan penampilan yang tenang dan menolak untuk menginternalisasi komentar negatif tentang diri anda dengan mengulanginya, sebaliknya katakan, tidak.
Bisakah kamu memaafkan? Dapatkah anda mengakui bahwa terkadang anda dapat menangani situasi secara berbeda? Ketika seseorang menyerang anda atau menyalahkanmu, bagaimana reaksi anda? Apakah reaksi anda sesuai atau berlebihan? Ketika anda menyadari bahwa orang lain memiliki keterampilan manajemen konflik yang buruk, jangan membalasnya. Pikirkan tentang hasil dari interaksi atau pertemuan anda sebelum bereaksi.
Jangan sampai adu senjata, jangan mencoba menjelaskan sudut pandang anda kepada seseorang yang tidak siap untuk mendengarkan. Anda tidak bisa berdebat dengan pemabuk, jika anda mengenali kemarahan emosional, hilangkan atau keluar darinya. Orang negatif umumnya adalah orang yang sulit bergaul dan sering mempunyai kemampuan manajemen konflik yang buruk dan memiliki kecenderungan untuk membuat konflik dari hampir semua masalah.
Bertujuan untuk memiliki tujuan perencanaan guna membantu diri sendiri dan orang negatif yang berinteraksi dengan anda. Ini harus menjadi bagian dari peningkatan penguasaan diri dan tanpa henti mengembangkan diri juga kesehatan anda.